Sunday, October 19, 2008

Sumpah Apoteker



Kenangan.... 5 Mei 2001

Kawan.....,
masihkah tersimpan dalam ingatan kita.....
suatu sumpah janji kepada diri dan kepada-Nya....


Inilah semboyanku – Inilah kebanggaanku
1. Saya akan membaktikan hidup saya guna kepentingan peri kemanusiaan,
terutama dalam bidang kesehatan
2. Saya akan merahasiakan sesuatu yang saya ketahui karena pekerjaan saya
dan keilmuan saya sebagai apoteker
3. Sekalipun di ancam saya tidak akan mempergunakan pengetahuan
kefarmasian saya untuk sesuatu yang bertentangan dengan hokum perikemanusiaan
4. Saya akan menjalankan tugas saya dengan sebaik-baiknya
sesuai dengan martabat dan tradisi luhur jabatan kefarmasian
5. Dalam menunaikan kewajiban saya, saya akan berikhtiar
dengan sungguh-sungguh supaya tidak terpengaruh oleh pertimbangan
keagamaan, kebangsaan, kesukuan, politik kepartaian atau kedudukan sosial.
Saya ikrarkan sumpah ini dengan sungguh-sungguh dan dengan penuh keinsafan.


SAYA ADALAH SEORANG AHLI FARMASI

Saya adalah seorang ahli dalam obat-obatan
… Saya menyediakan obat dan sediaan farmasi bagi yang membutuhkan
… Saya membuat dan menyusun bentuk sediaan khusus
… Saya mengawasi penyimpanan dan pengawetan
dari semua obat yang di bawah pengawasanku

Saya adalah seorang penjaga informasi obat
… perpustakaanku siap sebagai sumber pengetahuan tentang obat
… arsipku berisi ribuan nama obat khusus dan puluhan ribu fakta tentang obat
… catatanku mencakup sejarah kesehatan dan pengobatan dari semua keluarga
… catatan dan pertemuan-pertemuanku melaporkan kemajuan ilmu farmasi dari seluruh dunia

Saya adalah seorang teman bagi seorang dokter
… Saya adalah seorang rekan dalam kasus tiap pasien
yang mendapatkan segala pengobatan
… Saya adalah seorang penasehat
tentang kegunaan berbagai bahan obat
… Saya adalah seorang penghubung antara dokter dan pasien
serta pemeriksa terakhir pada keamanan obat

Saya adalah penasehat bagi pasien
… Saya bantu pasien untuk mengerti pemakaian yang benar
dari obat yang diberikan melalui resep
… Saya bantu pasien dalam memilih obat tanpa resep
atau dalam menentukan untuk konsultasi ke dokter
… Saya menasehati pasien dalam hal-hal
potensi obat dan pengembangan serta penyimpanannya

Saya adalah seorang pengayom ilmu kesehatan masyarakat
… Farmasiku adalah pusat untuk informasi perawatan kesehatan
… Saya mendukung dan meningkatkan praktek kesehatan seseorang yg benar
… Pelayananku bisa di dapat untuk siapa saja dan kapan saja

Labels:

3 Comments:

At October 26, 2008 at 11:47 AM , Anonymous Anonymous said...

Yes I agree to remind our commitment.But just remind or action??? I have got headache...sorry

 
At October 27, 2008 at 2:55 AM , Blogger Hasti said...

try to action.....
knowledge is good if trying to application...
'n it's not easy... I know...

 
At October 28, 2008 at 1:43 AM , Blogger Heny said...

i almost forget about the text of "sumpah apoteker"........but i hope i can do my job the best....

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home